Mengenal Jenis Kertas Untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal - Imu Percetakan

Mengenal Jenis Kertas Untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal - 

Imu Percetakan









1. Kertas HVS 

Kertas ini ialah kertas yang paling banyak diterapkan untuk mencetak dokumen. Kertas tipe HVS diciptakan dari pulp (bubur kertas) yang tak mengandung lignin (lem antar serat di dalam pohon), sehingga tak gampang berubah warna (menjadi kekuningan) jikalau diletakkan di bawah cahaya sang surya atau cahaya lampu. Hampir segala tinta Maxigraph mensupport penerapan tipe kertas ini.

2. Art Paper & Matt Paper 

Kertas ini banyak diterapkan untuk membikin brosur, sebab permukaannya yang licin (artpaper), atau yang semi doff (matt paper). Kecuali licin, hasil yang dijadikan juga baik, sebab raster kertasnya halus.
Kertas art paper ini kurang dapat mengabsorpsi air sehingga kurang layak diterapkan dengan printer yang mengaplikasikan tinta dye yang ialah tinta berbahan dasar air. Untuk tipe kertas ini kita dapat mengaplikasikan tinta Maxigraph ArtMax.
Sebab Maxigraph ArtMax ialah tinta art paper yang di desain khusus untuk bagus diterapkan pada tipe kertas ini serta ramah kepada printhead sehingga tak memunculkan mampat atau clogging.

3. Art Karton 

Bahan kertas ini sama seperti art paper, hanya gramasinya lebih tebal. Banyak diterapkan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, co profile,brosur, dan cetakan lainnya yang memerlukan kertas agak tebal.
Lazimnya sesudah di cetak, bahan ini di lapisi laminating (optional), agar akibatnya lebih memuaskan. Sama seperti kertas art paper, kertas ini tak dapat diterapkan dengan tinta dye dan semestinya mengunakan tinta art paper.

4. Sublime Paper 

Kertas tipe ini diterapkan untuk memindahkan hasil cetakan printer ke media yang ditunjang seperti t-shirt atau mug via progres pemanasan mengaplikasikan mesin heatpress.
Jadi jikalau kita mau sebuah gambar dipindahkan ke t-shirt (t-shirt) karenanya pakailah tipe Sublim Paper sebab kertas ini sanggup memindahkan tinta dengan optimal ke t-shirt. Maxigraph mempunyai tinta Maxigraph SubliMax untuk tipe kertas ini.

5. Matte / Doff paper 

Amat gampang mengabsorpsi tinta sehingga dapat diterapkan untuk menyembunyikan kwalitas tinta dan printer sekalian tak memantulkan sinar.
Kertas tipe ini seringkali menjadi saran untuk kertas cetak foto dengan hasil yang baik.

6. Double-Side Paper 

Variasi kertas ini sanggup diterapkan untuk mencetak foto pada kedua sisinya. Mutu foto yang dijadikan juga  baik, tak terlalu mengkilap dan cenderung doff.
Variasi kertas ini layak diterapkan untuk mencetak pamflet yang umumnya diterapkan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen bisa memandang dikedua sisinya.

7. Fiber matte 

Kertas Fiber Base paling bendung lama, sebab ia mengaplikasikan kertas dengan pH netral (lazim di ucap Archival Paper).

8. Premium Glossy foto Paper 

Kertas tipe ini lazim disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, kertas tipe ini sanggup menjadikan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap.
Kertas tipe ini sungguh-sungguh layak untuk mengcetak foto dengan resolusi tinggi. Padahal harga kertas ini lebih mahal melainkan jikalau kita pakai, akan menjadikan cetakan foto yang optimal dan lebih cemerlang.

9. Sticker Glossy foto Paper 

Kerap kita menjumpai sticker yang memperlihatkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, tipe ini sungguh-sungguh layak untuk kebutuhan pembuatan sticker serta sanggup mencetak foto beresolusi tinggi.

10. Laster foto Paper 

Laster foto paper umumnya diterapkan untuk kebutuhan dokumenter sebab tipe kertas ini sungguh-sungguh awet pun dapat bertahan sampai puluhan tahun dan tak gampang pudar, sanggup menjadikan efek doff, dan sungguh-sungguh layak untuk foto dengan resolusi tinggi.
Permukaan kertas  mirip kulit jeruk merupakan ciri khas untuk membedakan dengan tipe kertas lain. Ketahanan hasil cetakan membikin para konsumen puas, mungkin tipe ini dapat menjadi pertimbangan jikalau kita mau serius didunia komputerisasi foto printing.

11. Glossy Foto Paper / Glanz paper 

Kertas ini ialah tipe standar cetak foto. Dengan tipe kertas yang mengkilap, permukaan memantulkan sinar, permukaan lebih lengket kepada kaca frame dan putih sanggup menjadikan cetakan yang standar. Bisa diterapkan untuk foto resolusi tinggi dan harga kertas yang relatif murah.

12. Canvas Paper 

Variasi kertas ini jikalau diterapkan untuk mencetak foto akan menjadikan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan memperlihatkan foto yang persis dengan kertas canvas.

13. Inkjet Paper 

Kertas ini kurang layak untuk kebutuhan komputerisasi foto printing, tipe kerta inkjet  umumnya diterapkan untuk kebutuhan grafis, seperti mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, grafik bar, dan sebagainya.
Mutu kertasnya lebih baik dari tipe HVS sebab serapan pada tinta lebih baik dan kencang kering.

14. Metallic paper 

Seperti glossy, melainkan lebih mengkilap lagi, ada sedikit warna keemasan /metalik. Metallic paper memiliki permukaan halus dan menonjol agak mengkilat. Amat layak dengan namanya sebab ada spot-spot metallic pada permukaan kertas ini.

15. Metallic + laminating paper 

Hampir sama dengan metallic paper tapi pada salah satu sisi ada plastik atau sejenisnya yang menutupi.

16. Silky paper 

Permukaan kertas lembut tapi tak mengkilat. Tenaga lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tak gampang bercecer. Sekalian komponen permukaan kertas ini tak gampang terbawa oleh head printer membikin hasil cetakan menjadi lebih bagus.


No comments